eCligner; Gigi Rapih Rata Tanpa Kawat Gigi

drg. Marisa Indriati
drg. Marisa Indriati

Di masa sekarang keinginan dan kesadaran orang semakin tinggi untuk mendapat senyum menawan yang dilengkapi oleh deretan gigi yang rapih dan rata. Selain untuk menunjang penampilan, deretan gigi yang rapih akan lebih mudah dibersihkan, gusi menjadi lebih sehat serta memaksimalkan fungsi kunyah sehingga gigi juga akan semakin lama bertahan di dalam mulut.

Oleh karena itu pemakaian kawat gigi manjadi semakin popular untuk meratakan gigi. Namun ada beberapa kendala yang menyebabkan orang harus berpikir lagi bila mengenakan kawat gigi, karena mengganggu penampilan, terutama yang dikeluhkan oleh pasien dewasa.

 eCligner yang kerap dikenal sebagai invisible braces adalah salah satu jawaban untuk masalah tersebut.  Cikal bakal eCligner adalah Clear Aligner yang dikembangkan oleh Dr. Tae Weon Kim dari Korea sejak tahun 1998. Dengan sentuhan tehnologi sistem 3D CAD-CAM  secara digital tercipta clear aligner yang lebih presisi dan modern, sehingga mulai diperkenalkan keseluruh dunia sejak tahun 2008 dan mulai masuk di Indonesia sejak tahun lalu.

Alat ini adalah alat ortodonti / perata gigi lepasan, transparan, tipis, nyaris tidak terlihat ketika dipakai sehingga tidak mengganggu aktifitas sehari-hari.  Terbuat dari plastic fleksibel berkualitas yang mampu menggerakan gigi secara efisien dan efektif dengan waktu yang dapat diprediksi. Tiap pasien / kasus terdiri atas beberapa tahap atau step aligner tergantung berat ringannya kasus.

 eCligner bukan merupakan satu-satunya aligner yang ada saat ini, namun dia memiliki keunikan disbanding merk aligner yang lain, yakni:

  • Mampu mengekspansi lengkung rahang yang sempit
  • Kebanyakan tidak memerlukan pemasangan attachment pada gigi untuk membantu mekanik pergerakan gigi, sehingga gigi benar-benar bebas dari alat cekat
  • Tiap step terdiri atas 3 jenis aligner, mulai dari soft, lalu medium dan hard, yang berbeda ketebalannya
  • Ketipisan dan kualitas material nya menyebabkan ia nyaman dipakai, secara estetik lebih baik, serta rasa sakit yang minimal bahkan tidak nyata

Untuk mendapatkan perawatan gigi dengan eCligner harus dengan dengan dokter gigi yang telah terdaftar di website eCligner, seperti yang ada di Klinik gigi Spesialis Dr. Lukas.

Saat pertama dating pasien akan diberitahu apakah kasus giginya cocok dengan pemakaian alat ini. Karena meskipun telah semakin banyak kasus yang dapat dirawat dengan aligner, namun tetap ada beberapa kasus yang tidak akan berhasil maksimal dengan pemakaian aligner. Setelah dokter menyatakan anda adalah kandidat yang tepat maka akan dibuat cetakan gigi rahang atas dan bawah, foto wajah depan, profil samping dan foto gigi anda, serta fotox-ray.

Pada kunjungan berikutnya dokter gigi akan memaparkan rencana perawatan, menginformasikan berapa step dan waktu yang dibutuhkan hingga selesai perawatan aktif, serta biaya perawatan. Bila disetujui, eCligner akan siap dalam waktu beberapa minggu berikutnya.

Tergantung dari jumlah step yang diperlukan, tiap step yang terdiri dari aligner soft, medium dan hard, masing-masing dipakai untuk jangka waktu seminggu. Sehingga setelah tiga minggu akan berpindah ke step berikutnya. Demikian seterusnya berulang hingga hasil perawatan tercapai. Agar dapat berhasil, perawatan dengan eCligner sebagai alat lepasan membutuhkan disiplin dan komitmen yang tinggi dari pemakainya. Alat harus dipakai paling sedikit 17 jam per hari.

Setelah pemakaian beberapa bulan saja sudah akan terlihat perbedaannya, gigi menjadi lebih rata, tanpa ada yang mengenali kalau anda sedang memakai alat perata gigi. Harganya memang relative lebih mahal dibandingkan dengan pemasangan kawat gigi. Namun dengan hasil yang dicapai yakni susunan gigi yang rata, profil muka lebih harmonis dan senyum yang sempurna, maka semuanya ini akan menjadi sepadan.

Share:

Comments 8

Add Comment
  • Avatar

    Halo dok saya ingin tanya tentang masalah gigi.
    Saya memiliki gigi yang berlubang dan gigi tersebut dimatikan syarafnya. Jika gigi saya tercabut sendiri apakah masih bisa tumbuh gigi baru? Terimakasi dok

  • Avatar

    Dok saya mw tanya umur sy 31 tahun trus sy punya gigi dpan atas dan bawa agak maju..klu sya memakai behel atw kawat gigi apakah gigi sya mash bs rapi dan msuk k dalam..???atau adaka cara lain dok???slx saya gk pede dok trima kasih sblum

  • Avatar

    Sy baru pasang di sby kenanya mahal sekali 5000 usd sekitar 68 jt tp syukur skrg udh mendingan step ke 9 dari 16 step udh gerak rapi,gak sakit sama sekli

  • Avatar

    dok gigi depan saya yang kanan itu tidak rata, lebih menonjol dari gigi yang lain. ketika senyum jadi tidak percaya diri. bagaimana dok caranya ?

  • Avatar

    Malam bu Dokter.. berapa y harga dari “eCligner”
    Dan apakah bisa di pasang manual (di rumah)
    #terimakasih

  • Avatar

    Dok gigi taring tetap saya tumbuh di belakang karna di depannya masih ada gigi susu. Tapi sekarang gigi susu saya sudah di cabut. Otomatis gigi taring tetap saya berada di belakang. Perawatan apa yang harus saya gunakan agar gigi taring saja ada di depan dan rapih? Apakah dengan cara eCLigner bisa?atau menggunakan behel saja?
    terimakasih

  • Avatar

    maaf dok sy mau tanya… dulu wkt SMP sy pernah memakai kawat gigi krn gigi geraham atas agak maju, tdk tll parah.. kondisi gigi sgt rapi… tp wkt itu krn sakit pd pergantian kawat yg kedua, tdk mau lg memakai dan gagal total… sdgkan wkt itu ada gigi geraham sebelah kiri yg dicabut 1 dan sekrg gigi sy mjd miring dan tdk rata dg garis wajah… wkt konsultasi dg dokter gigi utk pemasangan behel hrs dicabut 1 lg gigi geraham disisi yg lain… tp sy keberatan, dan mengurungkan niat… apakah ada cara yg lain utk merapikan tnp ada yg dicabut lg dok…??

  • Avatar

    berapa biaya untuk pemasangan eCligner atas bawah ?

    Thanks

Leave a Reply

WhatsApp KONSULTASIKAN GIGI ANDA PADA DOKTER KAMI.